-->

Cara Menulis Bahasa Pemrograman Java

Bahasa pemrograman java ditulis menggunakan editor teks apa saja. Di lingkungan windows, kita bisa menggunakan editor seperti Notepad. Namun, mengingat dalam kegiatan pemrograman seringkali terjadi kesalahan, sebaiknya kita menggunakan editor teks yang dilengkapi nomor baris.  sebelumnya pernah disebutkan pada artikel Mengenal Bahasa Pemrograman Java.


Java Programming
Java Programming


Sebenarnya terdapat perangkat pengembang bahasa pemrograman java yang terintegrasi seperti :

  1. Netbeans
  2. Eclipse
  3. IntellijIDEA

Java juga memiliki package manager yang mulai populer sejak digunakan di Android Studio yang bernama Gradle. Namun, menggunakan software seperti itu perlu pengetahuan tambahan tersendiri di luar program java. Mengingat hal itu, maka pada kali ini hanya membahas perangkat dasar java yang disebut JDK. Cara menginstall JDK bisa dilihat pada artikel Tutorial Cara Install Java Oracle JDK 8 pada Windows 7 / 8 / 10.

Oke kita lanjut dibawah ini contoh penulisan program java.

//Ucapan.java

class Ucapan{
    public static void main(String[] args){
        String pesan = "Selamat Belajar Bahasa Pemrograman Java";
        
        System.out.println(pesan);
    }
}

Perlu diingat pada artikel Mengenal Bahasa Pemrograman Java sudah dijelaskan program sumber ditulis dengan akhiran.java.

catatan : Nama kelas harus sama dengan Nama File

Adapun bagian pertama berupa

//berkas: Ucapan.java

Pada program java tanda // berkedudukan sebagai komentar. Semua tulisan yang dimulai dari tanda // hingga akhir baris diperlakukan sebagai komentar.

Bisa juga menggunakan tanda /* dan diakhiran */ Cara ini memungkinkan komentar yang melebihi sati baris contohnya seperti dibawah.

/*
   Ini komentar yang melebihi satu baris
   Author Ridwan M Ikhsan
*/

Komentar adalah keterangan dalam kode sumber yang ditujukan kepada pembaca program agar dapat memahami program dengan mudah.

Baca Juga : Tutorial Cara Install Java Oracle JDK 8 pada Linux Mint Mate dan Ubuntu Bionic

Sesudah class adalah nama kelas. Nama kelas biasa ditulis dengan awalan huruf kapital. Sesudah nama kelas terdapat tanda kurung kurawal buka { dan diakhiri dengan tanda kurung kurawal tutup }. Dalam kelas Ucapan terdapat metode atau method main(). Metode atau method main() merupakan metode yang akan dijalankan pertama kali ketika program dieksekusi. Dalam tanda () sesudah kata main, terdapat String[] args. Dalam tanda () tersebut dinamakan parameter atau argumen. String menyatakan suatu kelas yang tersedia pada java yang berhubungan dengan penanganan sederet karakter atau biasa dinamakan string. Tanda [] menyatakan bahwa args adalah argumen yang berupa array berkelas String. Artinya, args mengandung sejumlah elemen berkelas String. Namun disini tidak dibahas cara penggunaannya.

Adapun kata Public static di depan void menyatakan bahwa :

  • Metode bersifat public. Artinya, metode bisa dipanggil dari mana saja, baik dari dalam kelas maupun dari luar kelas.

  • Metode bersifat sama untuk semua objek atau instan kelas.

Gampangnya, setiap kali menulis metode main() tulislah :


public static void main(String[]args){
 
   //Kode Program

} 

Maksud dari pernyataan adalah suatu instruksi yang dapat berdiri sendiri dalam program java. Ciri dari sebuah pernyataan dalam java selalu diakhiri dengan tanda titik-koma (;). Sebuah pernyataan bisa saja ditulis lebih dari satu baris. Sebuah baris juga bisa mengandung beberapa pernyataan. Biasakan untuk menulis sebuah baris hanya mengandung satu pernyataan agar kode mudah dipahami oleh pembaca program.

Pada pernyataan

System.out.println(pesan);

println() adalah contoh metode yang dirujuk oleh System.out.

Cobalah pahami struktur dari kode pemrograman java secara berulang-ulang sampai kalian bisa memahami cara penulisan pemrograman java. jika kalian sudah mengerti struktur dari kode pemrograman java diatas, maka kalian juga bisa memahami bahasa pemrograman yang lainnya.

Catatan : Jangan pindah bahasa pemrograman dulu sebelum kalian memahami struktur bahasa pemrograman java. 

Sekian pembahasan artikel tentang Cara Menulis Bahasa Pemrograman Java kurang lebihnya saya mohon maaf dan jika bermanfaat bisa kalian share ke temen-temen kalian yang lagi belajar bahasa pemrograman java.
LihatTutupKomentar